May 21, 2013

Tips Menghemat Baterai Android

Malam Sobat :) , kali ii saya mau kasih tips menghemat baterai android, buat kalian yang boros, dan suka maen internet. Langsung saja ;)

1. Setting Kecerahan Layar (Brightness)

Tips Cara Menghemat Baterai Android
, Kurangi kecerahannya karena itu awal penyebab cepat habisnya baterai kalian. dan juga akan merusak mata





2. Non-Aktifkan Perangkat-Perangkat yang Tidak Digunakan

Tips Cara Menghemat Baterai Android
Seringkali kita lupa akan hal ini, perangkat-perangkat seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS terkadang lupa kita non aktifkan setelah selesai penggunaanya. Padahal untuk membiarkan perangkat tersebut tetap menyala, itu semua menggunakan daya baterai. Jadi sungguh sayang rasanya jika membiarkan energi baterai terbuang percuma untuk itu. 

Selain itu, anda juga bisa mengnon-aktifkan sinyal Data/Network ketika sedang tidak digunakan untuk waktu yang cukup lama. Terbukti, hal ini bisa menghemat baterai anda walaupun sedikit.

3. Jangan Gunakan Background Animasi

Tips Cara Menghemat Baterai Android

Background yang sifatnya dinamis seperti animasi bergerak dapat memboroskan penggunaan baterai anda. Terkadang untuk ponsel dengan spesifikasi rendah, background animasi tersebut membuat kinerja ponsel semakin lambat.

4. Gunakan Warna Background Hitam

Tips Cara Menghemat Baterai Android

Sebenarnya saya juga kurang yakin mengenai hal ini. Tapi menurut beberapa teman dan sumber lain memang dengan menggunakan background berwarna hitam bisa sedikit menghemat penggunaan daya. Seperti yang saya bilang tadi, bahwa display layar merupakan komponen yang membutuhkan daya yang besar. Warna hitam sendiri membutuhkan penggunaan daya yang sedikit jika dibandingkan dengan warna cerah.

5. Instal Aplikasi Baterai Saver

Tips Cara Menghemat Baterai Android

Dari ketiga cara di atas, cara inilah yang paling terasa manfaatnya. Anda bisa menginstal aplikasi baterai saver gratis yang banyak disediakan di Play Store. Dengan aplikasi ini kita bisa menghemat penggunaan baterai sampai dengan 20% per harinya dan saya sendiri sudah merasakannya. Untuk gambar di atas saya menggunakan aplikasi DU Baterai Saver.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Menghemat Baterai Android
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.