July 13, 2013

Apakah Menangis Dapat Membatalkan Puasa?

Hallo readers, apa kabar? puasanya lancar? atau bolong-bolong? haha ._. udahlah salam pembukanya.
Awalnya saya lagi nongkrong di sisi jalan bareng teman-teman, ketika itu ada ibu sama anak lagi jalan tapi anak itu menangis, kata ibunya "Jangan nangis nanti puasanya batal" disana saya berfikir emangnya iya? saya langsung pamitan ke temen-temen dan saya langsung browsing, dan ternyata Menangis itu Tidak Membatalkan Puasa? mengapa? karena banyak yang nanya " Apakah Menangis Membatalkan Puasa? selebihnya kita simak penjelasan berikut :)


1. Makan dengan sengaja
2. Minum dengan sengaja
3. Berhubungan suami istri dengan sengaja

1. Haid
2. Nifas
3. Gila
4. Muntah
dan lainnya. jika ada yang mau ditambah, silahkan komen ,_,

Dengan kata lain hal-hal selain itu BUKAN penyebab batalnya puasa. akan tetapi, begitu juga, "Katanya" bila ada Perempuan dibulan Ramadhan berpakaian tertutup dan dibulan lain tidak tertutup, malah ada juga yg kata bulan puasa kena tutup aurat takut nanti lelaki2 yg memandang akan terbatal puasa. Apa hubungan menutup aurat dengan membatalkan puasa?
Rasululloh SAW sudah menyatakan dalam salah satu hadis yg cukup terkenal,“Berapa banyak diantara manusia yang berpuasa, tapi tidak mendapatkan hasil dari puasanya kecuali lapar dan haus” (Riwayah Bukhari Muslim).
Dari hadits di atas, terlihat bahwa banyak orang mu’min yg berpuasa namun tidak mendapatkan apa2 kecuali lapar dan haus. Penyebabnya? Perhatikan hadits berikut, Abu Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa yang tidak meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan buruk, maka Allah tidak memerlukan ia meninggalkan makan dan minumnya.’”
Jadi, kalian menangis karena membaca al-qur'an atau berdo'a atau mengingat dosa-dosa kalian, itu tidak membatalkan puasa, justru itu menambah pahala. Jika kalian menangis karena marah atau bertengkar dengan kakak habis rebutan remot tv itu hanya akan mengurangi pahala puasa kita.

Sumber: Ibu, Bapak, Kakak, dari blog tetangga
Terimakasih kepada: Ibu-Ibu dana Anaknya yang tadi dijalan nangis ._.

Bagikan

Jangan lewatkan

Apakah Menangis Dapat Membatalkan Puasa?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.