July 01, 2013

Tips Agar Dapat Puasa Dengan Baik

Konichiwa :) untuk menyambut bulan puasa.. mimin rifqi mau fokuskan share-share artikel tentang Bulan Ramadhan nih... jadi jangan sampai kelewatan :) . Nah untuk posting pertama di bulan juli ini, udah dimulai untuk posting tentang Ramadhan.. yang pertama saya share adalah, cara agar berpuasa dengan baik dan kesehatan selalu terjaga/dapat berpuasa satu bulan penuh, hmm.. pasti penasaran kan? langsung saja kita ke TKP.


1. Madu, Susu, Telur
Minum segelas susu dicampur madu dan telur saat sahur diketahui dapat meningkatkan stamina seseorang. Susu dan telur mengandung protein, sementara itu madu menyediakan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme yang efektif.

Oleh karena itu, campuran susu, madu dan telur dapat menyediakan tambahan tenaga terutama untuk anak-anak dan lansia.

2. Jintan Hitam (Habbatussauda)
Selain crystalline nigellone, jintan hitam mengandung thymoquinone, beta sitosterol, asam miristat, asam palmitat, asam palmitoleat, asam stearat, asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, asam arakidonat, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, asam folat, kalsium, besi, tembaga, seng, dan fosfor.

Banyaknya kandungan ini membuat jintan hitam juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk merangsang energi dan membantu proses penyembuhan dari kelelahan dan tak bertenaga.

3. Karbohidrat Kompleks dan Lauk Berprotein
Jenis karbohidrat seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang kadar gulanya rendah dan menahan kenyang lebih lama hingga 6 jam.

Sementara untuk mencegah badan lemas kurang tenaga, cara yang efektif adalah dengan menambahkan sumber protein tapi hindari daging. Pilihlah daging ikan, kalaupun unggas pilih bagian dada. Dengan protein yang cukup, maka metabolisme tubuh lancar buntutnya tidak cepat lelah atau lemah.

4. Teh Ginseng
Teh ginseng telah dikenal selama berabad-abad sebagai antioksidan. Ginseng juga merupakan stimulan yang memberikan peningkatan energi dan konsentrasi. Sulit untuk menemukan ginseng kering, apalagi segar, sehingga sering merekomendasikan mendapatkan energi dari akar kuno ini melalui secangkir teh ginseng. Kehangatan akan memiliki efek menenangkan pada saraf sekaligus memberikan energi.



5.Susu
susu lebih baik dijadikan minuman pada saat sahur karena dalam susu mengandung banyak mineral dan lemak yang bisa membantu kita menahan lapar lebih lama.buat bapak-bapak hindari minum kopi yaa kopinya distop dulu sat sahur karena kopi mempunya sifat sama seperti teh yg saya jelaskan diatas dan mengandung senyawa kafein untuk sahur susu dan air putih saja.

6.Jangan Tidur setelah Sahur
kebanyakan dari kita yang melakukan puasa biasanya setelah sahur kita sholat shubuh trus dilanjutkan tdur atau bahkan habis sahur langsung tdur tanpa sholat shubuh hehehe.usahakan jangan tdur saat setelah sahur karena apa?  Selain bisa membuat kita telat berangkat kerja  tidur di pagihari tidak bagus juga buat kesehatan dan membutuhkan banyak energi berbeda dengan tdur dimalam hari.lebih baik setelah sahur kita lanjutkan sholat shubuh trus sedikit berolahraga untuk menjaga kebugaran lalu dilanjutkan dengan mengerjakan pekerjaan rumah nyuci piring,nyapu rumah atau manasin motor hehehe.lalu bersiap kerja dengan begitu insyaallah kerjaan tidak terganggu dan puasa jalan trus.

7.Hindari Hal-Hal seperti Marah,Emosi dll
kita juga harus ingat puasa bukan Cuma sekedar menahan lapar dan dahaga bukan?untuk itu ciptakan suasana yang nyaman,fresh,fun dan menyenangkan hindari hal-hal yang bisa membuat tegang,bikin marah atau emosi lebih baik kita tinggalkan hal-hal seperti itu selain bisa membuat puasa kita tidak kusyu terbukti menahan marah atau emosi itu membutuhkan energi juga,jadi rugi donk kalau energi kita Cuma kita pakai untuk menahan marah

semoga bermanfaatdan kalian bia menjalankan satu bulan puasa penuh dengan baik dan kesehatan selalu terjaga :) Sampai Jumpa..

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Agar Dapat Puasa Dengan Baik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.